Langkah-langkah menjadi Wira usaha Sukses.

1. Mengolah ide menjual gagasan

2. Memulai usaha

3. Mengatur strategi bisnis

4. Mematahkan belenggu kegagalan

5. Memegang Kunci Sukses.

 

Kunci Sukses

a. Pilar Sukses Wirausaha Sejati

1. Mampu Memanfaatkan Waktu

2. Memiliki Keseungguhan dan Kemampuan Kerja secara Kontinyu

3. Kreatif dan Inovatif

4. Percaya Diri

5. Kemampuan Meraih Teman (Networking)

6. Kemampuan mempengaruhi orang lain.

b. Lima Prinsip Kerja Wirausaha

1. Kerja Ikhlas (Aspek Spiritual)

2. Kerja Mawas (Aspek Emosional)

3. Kerja Cerdas (Aspek Intelektual)

4. Kerja Keras (Aspek Fisik)

5. Kerja Tuntas (Aspek Manajemen Diri)

c. Etos Kerja Wirausaha Unggul

1. Kerja itu suci, kerja adalah panggilanku, aku sanggup bekerja benar.

2. Kerja itu sehat, kerja adalah aktualitasku, aku sanggup bekerja keras.

3. Kerja itu rahmat, kerja adalah terima kasihku, aku sanggup bekerja tulus.

4. Kerja itu amanah, kerja adalah tanggung jawabku, aku sanggup bekerja tuntas.

5. Kerja itu seni/permainan, aku adalah kesukaanku, aku sanggup bekerja kreatif.

6. Kerja itu ibadah, kerja adalah pengabdianku, aku sanggup bekerja serius.

7. Kerja itu mulai, kerja adalah pelayananku, aku sanggup bekerja sempurna.

8. Kerja itu kehormatan, kerja adalah kewajibanku, aku sanggup bekerja unggul.

 

Sifat-sifat individu seorang pengusaha (Munawir Yusuf, 1999) yaitu:

1. Motivasi Berprestasi

2. Kemandirian

3. Kreatifitas

4. Pengambilan Resiko

5. Keuletan

6. Orientasi Masa Depan

7. Komunikatif dan Reflektif

8. Kepemimpinan

9. Perilaku Instrumenal

10. Penghargaan Terhadap Uang

 

 

Beberapa Sebab Kegagalan usaha kecil (Totok S Wiryasaputra)

1. Individu atau kelompok bisnis tidak punya komitmen secara total.

2. Karena ukuran bisnisnya yang kecil maka mereka mengabaikan prinsip-prinsip operasional perusahaan yang sehat.

3. Tidak Punya perencanaan yang jelas.

4. Perusahaan kecil biasanya enggan menggunakan promosi dan penelitian sebagaimana perusahaan besar.

5. Pengusaha kecil berlagak sebagai pengusaha besar yang sukses.

6. Dalam hal pemasaran – biasanya tidak ada yang kecocokan antara produksi dan pemasaran.

7. Banyak usaha kecil yang gagal karena tak jelas akan persoalan keorganisasian perusahaan.

8. Tak Jarang pengusaha pemula melakukan perluasan tanpa analisis dan perencanaan matang.