Salam Sukses Bagi Pembelajar

Berikut adalah tulisan yang sudah lama saya tulis tetapi belum di publish. Bagaimana cara kita belajar teknis data Susenas yang dikumpulkan setiap tahun olah BPS.

Sebagai informasi : Kode Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa
belum di label dalam data base tersebut. Namun kita dapat mengakses melalui alamat: http://www.pu.go.id/infoStatistik/htm/

Data Base dalam Format file “*.dta” (langsung bisa di buka dengan program Stata). namun saat anda membeli atau mendapat file dari BPS dapat berupa format *.dbf atau *.sav.

Komponen data bersumber BPS + panduan Teknis adalah
1. File Petunjuk Teknis (*.txt)
2. File Data Base 3 Tahun (2001, 2004 dan 2006)(*.dta)
3. File Acrobat Reader (*.PDF)
4. Struktur data dalam Format Excel (*.xls)

Data Susenas yang ada di Lab IKM ini di peroleh melalui Riset yang dilakukan oleh PMPK FK UGM pimpinan Prof. Laksono Trisnantoro melalui Riset Equitap- sejak 2001-2009 sekarang. Sehingga untuk memakai data ini alangkah santunnya apabila selalu berkomunikasi ke PMPK, sebab data ini di Peroleh dari BPS dengan Penganggaran dari PMPK memalui riset Equitap.

Saya hanya mempermudah sebagai Kolektor Data, sehingga setiap orang yang perlu dapat melakukan copy data base dengan mudah dan cepat dan dapat dilakukan di IKM FK UGM.

Demikian juga Informasi mengenai Data Podes dapat di Akses di Web BPS atau beberapa web yang ada antara lain:
1. http://susenas.blogspot.com/
2. http://www.datastatistik-indonesia.com
3. http://bps.go.id

Lembaga Resmi yang mengeluarkan data adalah BPS maka secara full support data di BPS, sehingga di IKM secara logika hanya menyediakan informasi yang ada saja dan mungkin masih sebagai informasi awal.

Untuk melakukan pengolahan data terkait teknis dapat dikerjakan setelah jam 16.00 WIB, namun untuk diskusi dan berkomunikasi dapat dilakukan dengan beberapa nara sumber yang menguasai Susenas antara lain Mas Eki (PMPK), Pak Althaf (KIA), Pak Mubasyisir H (KMPK) dan Prof. Hari Kusnanto (SIMKES)

Beberapa tempat yang siap melakukan pengolahan data (diluar isi dari Podes)
adalah :
1. Lab Statistik dan Komputer : dengan Pak Agus
2. Lab CHN di KIA : dengan Pak Althaf atau Pak Sugeng
3. PMPK FK UGM : dengan Pak Eki
4. Pengolahan data di Luar IKM atau Fakultas Kedokteran

Demikian petunjuk singkat semoga dapat memberikan informasi awal bagi pemakai data Susenas, PODES dan sekunder bersumber BPS

Salam penulis Juni 2008

Ki Hariyadi
Hp: 0818 267 286
email: kihariyadi@yahoo.com
PMPK FK UGM