Ini merupakan pengalaman pribadi….di Usaha Percetakan

Apabila menemui karyawan yang sudah mulai kendur kinerja, malas, dan susah di atur.. di situlah peran manajemen untuk memperbaikinya..(ingat bukan dengan mengganti pegawai)..

1 Tips yang saya dapatkan dan saya praktekkan adalah beri dia tanggungjawab lebih dan tantangan yang lebih hidup..misal karena sistem penggajiannya adalah gaji Pokok + Prestasi di terima per-bulan.. maka rubahlah menjadi tidak ada gaji dan tidak ada bonus prestasi. Yang ada adalah kesempatan menjalankan 1 unit usaha menjadi semi otonomi dengan wewenang dia di sana.. ingat dengan kontak sewa alat misalnya Rp,….. per hari. Jadi berapapun omset dia maka dia harus membayar biaya sewa ke perusahaan secara pasti..

Ingat waktu juga harus di batasi, jangan terlalu lama 2-3 bulan, apabila masih sanggup maka dapat di tinjau kembali, namun apabila tidak sanggup maka di sini peran manajemen adalah mengatur karyawan atau staff agar lebih teratur dalam menjalankan tugas dan fungsi dia di perusahaan..

Demikian semoga dapat membuka pandangan para pengusaha agar dapat menjadikan staffnya lebih mandiri dan berprestasi .. ingat semua adalah harus saling menguntungkan..

Eki-Wiraswasta di Sleman