Renungan… Bagi Anda Pembelajar

Tugas Akhir adalah adalah proses menulis….baik mahasiswa S1 dengan Skripsi…. S2 dengan Tesis dan S3 dengan Disertasi.. Menulis bukan hal yang sederhana tetapi juga bukan sesuatu yang sulit/berat. “Menulis  memerlukan perhatian serius dan totalitas (saat proses menulis/menuangkan gagasan dalam tulisan)”….

Karya ilmiah..wow terlebih lagi. Semestinya karya ilmiah yang baik memiliki referensi & sumber yang jelas. Beberapa tips yang diberikan oleh para ahli menulis (dan saat ini dipraktekkan…) bahwa dalam proses menulis ilmiah di mulai dari ide (latar belakang). Selanjutnya mulai menuliskan berdasar bahan yang ada di Otak /pikiran kita (jika lupa… maka memang perlu harus membuka buku.. tapi ingat jangan terlalu lama.. tujuan kita adalah menulis bukan lama di membaca…!)

Selanjutnya apa saja ide-ide yang kita tuangkan di dalam tulisan kita setelah kelihatan bentuk nya maka akan dengan mudah ditambah atau di perbaiki, sebab sudah ada bentuknya… artinya kita tidak perlu takut bahwa tulisan kita masih jauh dari harapan.. karena dalam proses perjalannnya pasti akan banyak tambalan di sana sini yang akan memberikan kesempurnaan tulisan kita.. (cara mudah minta teman kita untuk ikut membaca tulisan kita, semakin banyak yang menbaca semakin banyak kekurangan dalam tulisan kita bisa di informasikan oleh orang lain)..

Seluruh aktivitas yang akan mengganggu konsentrasi kita sebisa mungkin dihilangkan.. usir sementara.. demi perjuangan kita ..”menghasilkan tulisan”..

Bagi mahasiswa banyak konsultasi dengan dosen pembimbing ataupun dosen yang di anggap dapat membantunya merupakan sumber bertanya yang mudah dan tepat… via tatap muka (apabila dosen dalam) atau pun via elektronik (dengan Email/SMS) sudah merupakan hal yang lazim untuk proses pembelajaran…

Dengan demikian mari kita menanamkan gemar menulis untuk dapat memberikan sumbangan karya bagi perkembangan ilmu dan dapat menyelesaikan tugas pamungkas kita sebagai seorang pelajar/mahasiswa yaitu menghasilkan karya tulis/karya ilmiah yang nanti akan bermanfaat pada proses nyata di dunia kerja..

Demikian sedikit informasi ini, dengan harapan semoga dapat mendorong untuk dapat menulis sebuah hasil karya dengan baik.

Salam

Eki