Equitap

Equitap (“Equity in Asia-Pacific Health Systems“) adalah Sebuah kolaborasi dari lima belas tim riset lebih di Asia dan Eropa yang terlibat dalam pemeriksaan Equity dalam sistem kesehatan nasional di wilayah Asia-Pasifik. Hasil karya kolaborasi ini menghasilkan dua hal yaitu (1).Pengembangan Metodologis dan (2).Penilaian sebenarnya dari kinerja sistem kesehatan nasional baik di Wilayah:  Bangladesh, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Republik Kyrgyz, Malaysia, Mongolia, Nepal, Sri Lanka , Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Project ini atas initiatif  dari the Asia-Pacific National Health Accounts Network (APNHAN) yang  berkolaborasi dengan Erasmus University (The Netherlands) dan London School of Economics (United Kingdom).

Alamat webnya dapat di peroleh di alamat www.equitap.org

Mengenai Equitap dapat saya ringkas berikut ini:

Equitap dengan peserta lebih dari tujuh belas lembaga di Asia dan Eropa.  Ini didirikan pada tahun 2000 untuk bersama-sama bekerja pada pemeriksaan ekuitas dalam sistem kesehatan nasional di wilayah Asia-Pasifik. Proyek ini merupakan inisiatif dari  the Asia-Pacific National Health Accounts Network (APNHAN), dan terinspirasi oleh European Equity Proyek, yang telah dirintis dan komparatif penelitian kolaboratif pada equity dalam sistem kesehatan di Eropa.  Proposal  Asli dari APNHAN, untuk melakukan studi kolaboratif dari equity dalam sistem kesehatan Asia dengan memperluas penelitian tentang pengukuran pengeluaran kesehatan, dikembangkan oleh Rockefeller Foundation pada tahun 2000. Ide ini secara substansial pada tahun 2001 diperluas dengan bergabung dengan peneliti dari Erasmus University di Belanda, dan London School of Economics, yang dimungkinkan oleh penghargaan dari hibah INCO-DEV oleh Komisi Eropa untuk kerjasama.

Mitra Equitap diambil dari berbagai lembaga, mulai dari departemen kesehatan pemerintah melalui pusat-pusat penelitian akademis. Namun mereka memiliki tujuan yang sama, yang telah memperluas dan teknis metode ilmiah untuk menilai equity dan inequity dalam sistem kesehatan, untuk memperdalam kerjasama penelitian di Asia dan di antara para peneliti Eropa dan Asia, untuk mendokumentasikan kinerja aktual dari sistem kesehatan individu, dan memperkuat kapasitas nasional untuk sistem penelitian kesehatan di wilayah Asia. Untuk mencapai tujuan ini, Equitap bekerja dengan kolaborasi bersama antara mitra dan berbagi keahlian teknis oleh peneliti terkemuka di Eropa dan Asia untuk menetapkan metode dasar, dan kemudian rekan di daerah dan dukungan tim nasional untuk melakukan analisis mereka secara sendiri.

Equitap telah memetik manfaat dari awal dari dukungan banyak sponsor, mitra dan rekan profesional. Selain dukungan-DEV hibah INCO asli, karya konsorsium telah dimungkinkan oleh individu dan kontrak hibah untuk mitra individu untuk mendukung pengembangan teknis, negara dan bekerja di pertemuan konsorsium dan kegiatan sosialisasi. Equitap juga mendapatkan manfaat dari dukungan dan kerjasama dari kantor regional WHO di Asia-Pasifik: SEARO dan WPRO, dan WHO negara kantor di Beijing dan Jakarta.

Bagi rekan-rekan yang berminat dengan topik Equity dapat memakai referensi berikut. Karena sangat banyak topik-2 menarik yang bisa kita dapatkan dari web ini…(saya sudah memanfaatkan untuk tulisan saya)

Demikian info ini semoga dapat bermanfaat

Salam