Salam Pembelajar,

Tulisan ini membahas 2 bahasan yaitu Distribusi Frekuensi Empirik dan Distribusi Probabilitas. Tujuan yang diinginkan adalah agar dapat membedakan secara sederhana mengenai distribusi data yang menjadi perhatian kita (data kita).

1. Definisi

Distribusi frekuensi empirik adalah “Distribusi frekuensi yang di dasarkan atas hasil pengukuran yang nyata”

Distribusi probabilitas adalah ” distribusi frekuensi yang disusun berdasarkan teori peluang”. Nama lainnya adalah Distribusi frekuensi teoritis atau distribusi peluang.

2. ManFaat

Manfaat distribusi Frekuensi Empirik adalah dapat menggambarkan segi-segi penting dari data yang dihasilkan dari pengukuran nyata untuk dapat memberikan informasi terhadap ukuran yang ada, misal Ukuran Pemusatan menggambarkan seberapa besar data memusat dan Ukuran sebaran menggambarkan seberapa data menyebar dari pusat distribusi. sedangkan distribusi frekuensi untuk data kategorikal menggambarkan proporsi terbesar dari kategori tertentu dari variabel.

Manfaat yang pasti dari distribusi peluang adalah misal dalam bidang kesehatan untuk menyusun perencanaan program pelayanan kesehatan di masa yang akan datang dan meramalkan masalah kesehatan yang mungkin akan terjadi.

3. Pembagian Distribusi Probabilitas

Distribusi Probabilitas di bagi 2 yaitu Deskrit dan Kontinu. Distribusi Probabilitas Deskrit aantara lain: Binomial, Multinomial, Poisson, Hipergeometris, dan Pascal; Distribusi Probabilitas Kontinu adalah Distribusi Normal.

Uraian secara detail dan jelas mengenai distribusi tersebut akan dilanjutkan pada tulisan yang lain.  Kesimpulan, dari data empiris yangada apabila di uji dengan pengujian mengikuti pola distribusi peluang tertentu dan memberikan fakta yang sesuai (hipotesis tidak ditolak) maka sifat-sifat data empiris dapat dipakai sebagai evidence untuk peramalan berdasar distribusi peluang tersebut.