Pecinta Data Sekunder dan Program Open Source

Wah senang sekali ..pertengahan April  s/d akhir April 2010,  saya ikut terlibat dalam sebuah acara hajatan besar di 7 Propinsi yaitu Kegiatan Koleksi Data Dasar Riset NICE. Acara tersebut adalah Pengumpulan Data Dasar untuk evaluasi kegiatan NICE.. bersyukur bisa mengikuti penelitian ini dan lokasi tersebut adalah Prov Nusa Tenggara Barat (NTB /Pulau Lombok).

Pada kesempatan ini saya dikenalkan oleh Pak Budi Setiono (dari BPS Pusat) mengenai program manajemen data yang bersifat free  (Open Source) yaitu CSPro 4.0. Master Program dapat diunduh /di download dari web asli yang beralamat di link berikut “CSPro 4.0 . CSPro 4.0 adalah ” Census and Survey Processing System“.

Untuk memuaskan rasa penasaran maka saya membuat panduan pemanfaatan CSPro 4.0 yang saat ini disesuaikan untuk kebutuhan Survei KDD NICE dengan studi kasus di Prov NTB..

Modul ini sebenarnya ditujukan bagi DEO (entry data di Propinsi yang bertugas sebagai Pull data akhir.. terutama bagi best friend saya Pak Fandy). Penjelasan mengenai manfaat program CSPro 4.0 ini silahkan mengunduh Modul dari link ini “Modul CSPro 4.0-EKI

Demikian semoga bermanfaat, masukan & saran membangun sangat ditunggu untuk penyempurnaan..next akan ditambah modul yang lebih komplit dan detail (semoga)..

Wassalam
Eki