Salam Simple,

Ada info menarik, bagi yang mau meneliti atau mengerjakan tugas akhir.. sudah saatnya melakukan perhitungan dan penentuan besaran sampel secara mudah.. telah hadir buku sahabat saya “Nugroho Susanto” yang saat ini sedang Studi S3 di UNAIR…untuk menambah referensi di bidang penelitian kesehatan.

Selama ini kita ketahui penentuan besaran sampel yang representatif sangat diperlukan, bertujuan efisien dari sisi biaya, waktu, tenaga dan hasil .. kehadiran buku ini mencoba memberikan solusi atas permasalahan  tersebut.

Berikut kata pengantar buku tersebut:

Perhitungan besar sampel dalam penelitian merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penelitian. Ketepatan jumlah sampel yang dibutuhkan berdampak pada kesimpulan yang representatif dari penelitian. Hal yang penting untuk dipahami dalam perhitungan besar sampel penelitian meliputi: tingkat kemaknaan dari penelitian yang diinginkan, kekuatan uji dari penelitian yang dinginkan, nilai presisi pendugaan penelitian, nilai proporsi, nilai insidensi, nilai prevalensi, nilai odds rasio, nilai risiko relatif, variansi, deviasi standar dan nilai rata-rata. Dimana masing-masing komponen perhitungan besar sampel menempati formula rumus besar sampel yang dijelaskan dalam buku ini.

Perkembagan teknologi abad modern, di berbagai bidang khususnya kesehatan telah banyak memanfaatkan teknologi yang ada. Pada kesempatan ini dikenalkan aplikasi software besar sampel yang dikembangkan oleh badan kesehatan dunia (WHO) dan pembuktian secara manual besaran sampel yang dibutuhkan dalam penelitian. Langkah ini diharapkan bagi pembaca dapat memberikan tambahan pengetahuan mengenai perhitungan besar sampel penelitian bidang kesehatan. Selain itu hadirnya buku ini dapat memberikan solusi bagi mahasiswa, peneliti yang menghadapi kesulitan dalam perhitungan besar sampel penelitian.

Software yang digunakan dalam perhitungan besar sampel penelitian didasarkan dari software yang dikembangkan oleh badan kesehatan dunia (WHO) yang meliputi software epi info dan software sample size versi 2.0. Adanya software perhitungan besar sampel diharapkan mempermudah peneliti dalam melakukan perhitungan besar sampel penelitian dan rancangan penelitian yang tepat sesuai kaidah yang sebenarnya. Beberapa peneliti khususnya mahasiswa yang dalam proses penyusunan karya akhir (skripsi, tesis dan disertasi) menghadapi kendala dalam perhitungan besaran sampel penelitian.

Perhitungan besar sampel penelitian dalam buku ini memuat dari berbagai aspek dan memberikan penjelasan mengenai komponen-komponen dalam perhitungan besar sampel. Secara rinci dalam buku ini dijelaskan mengenai nilai-nilai yang dihasilkan oleh perhitungan software dengan berbagai teori yang terkait. Perhitungan besar sampel dalam buku ini dipisahkan menurut jenis desain penelitian,  jenis sampel penelitian dan jenis variabel penelitian.

Nah, bagi yang berminat dapat menguhubungi Ibu Desy (081904184439), dengan Alamat Percetakan MMI Jogja, Selokan Mataran 238, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yk..55284

Info Harga Konsumen Rp. 35.000,-

Untuk Harga Agen, toko atau institusi pendidikan yang diwakilkan (silahkan konfirm.. potongan 10-30%)

Ok pembaca… demikian info terbaru dari blog ini.

Terima kasih