Salam Pembelajar

Berikut ini merupakan info khusus bagi mahasiswa S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Kesehatan Jenderal Ahmad Yani, Yogyakarta. Perkuliahan IDK VI, Ilmu Dasar Keperawatan yang didalam kuliah ini menggabungkan antara Metode penelitian dan Biostatistik. Disisipi jurnal-jurnal ilmiah untuk membuka wawasan akan posisi metode penelitian dan uji statistik yang dipakai disetiap jurnal yang ada.

Setelah menyelesaikan separuh (1/2) proses perkuliahan maka selanjutnya untuk mengetahui /mengukur hasil yg diperoleh dalam proses pembelajaran perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan dengan cara ujian tengah semester (UTS)..

Kisi-kisi ujian (topik yg menjadi tugas & sudah saya sampaikan) kali ini periode (2010/2011) dapat diinfokan berikut ini:

1. Topik yg masuk dalam ujian adalah:

  • a.  Konsep Biostatistik
  • b. Statistik Deskriptif
  • c. Konsep Probabilitas
  • d. Konsep Uji Hipotesis Penelitian Kuantitif
  • e. Konsep Uji Hipotesis Penelitian Kualitatif
  • f. Uji Beda Rata-rata dan Beda Proporsi

2. Sifat Ujian adalah Open Book (Buku terbuka)

3. Boleh membawa alat bantu hitungan/kalkulator (jika diperlukan)

4. Soal berupa, soal cerita dari sumber jurnal Makara UI yg sudah dipelajari dan dibagikan. Jenisnya Pilihan Ganda & Essay. Jumlah Soal 30 Soal Pilihan Ganda dan 1 Soal Essay.

5. Kunci belajar ujian UTS adalah membaca hasil-hasil jurnal yang terkait dengan ukuran-ukuran statistik dan pengujian statistik.

6. Tidak ada soal menghitung, yang ada adalah memahami hasil dan ketepatan pemilihan Uji Statistik

Demikian kisi-kisi yg bisa saya infokan, topik lain yg sudah dipelajari akan di pakai untuk ujian akhir semester. Junjung tinggi kejujuran dan kedisiplinan…

Semoga Sukses.

Ki Hariyadi, S.Si., MPH.