Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Pembelajar…

Pembelajar, banyak lho permintaan terkait “distribusi Tenaga Kesehatan dan Sarana Kesehatan di Indonesia”. Permintaan ini mendorong saya untuk berbagi informasi sebagai bagian pengembangan analisis data sekunder..(maklum sudah dianggap sebagai orang yang memegang kunci dianggap semua data punya ..he he he capuek deh).

Kita ketahui bahwa banyak sumber data dan banyak metode yang dipakai untuk memperoleh data. Sekarang ini yang (hasil ini) dipakai oleh BPS untuk informasi Potensi Desa(PODES) adalah melalui Sensus data di tingkat Desa, artinya seluruh desa di Indonesia sebagai sumber informasi ini…Dashyat kan? periode pengambilannya bisa di chek di BPS..saya hanya pegang data dari Instansi 2006 dan 2008….

Mari bersama kita bayangkan sumber tersebut, terdapat informasi/ data di level Desa yang  detail terkait berbagai hal, salah satunya adalah “Distribusi Tenaga Kesehatan“. Yang menarik bahwa “data base terstruktur nya” dalam format yang sangat baik ==> siap diolah menjadi ringkasan yang diperlukan peneliti.. ini yang menjadi kelebihan sumber data PODES.

Sumber BPS data ini  dari Potensi Desa –PODES 2008, untuk memperolehnya harus melalui lembaga resmi pemiliknya yaitu BPS. Nah untuk urusan row data saya tidak bisa berbagi maklum saya hanya sebagai bagian dari Institusi yang pernah menggunakan data tersebut… urusan data dan lain sebagainya langsung ke BPS sebagai pemilik data….(Ingat jangan minta ke saya….Lha saya tidak memiliki hak memberikan atau menggandakan……meskipun Ayah saya pegawai pensiunan dari BPS Kabupaten Ngawi, di Jawa Timur, Nepotisme Statistik nggak ya he he he)

Himbauan
Pemanfaatan data ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan Data Sekunder (sharing Informasi) Distribusi Tenaga Kesehatan di Indonesia. Aspek legalitas, Etika pemanfaatan dapat mengajukan perijinan kepada lembaga pengumpul data yaitu BPS Pusat di Jakarta, bagi rekan/sahabat yang berencana memanfaatkannya.

Metode Pengumpulan Data
Dengan menanyakan ke Pemerintah Desa terkait Jumlah Nakes yang berada di Wilayahnya. Jadi informasi ini berdasar jawaban dari pemerintah Desa (bukan data registrasi, seperti data Nakes yang ada di Kemenkes-Bank Data Depkes).

Demikian informasi awal ini semoga dapat meningkatkan pembaca untuk gemar menulis, baik tulisan lepas maupun riset-riset yang ada…demi peningkatan kapasitas keilmuan dan informasi kesehatan.

Tetap maju data sekuder, dan Kesehatan di Indonesia…”Ayo Ayo Indonesia Bisa”

Link Data (dengan Cara Klik link di bawah ini)

  1. Kuesioner PODES 2008
  2. Ringkasan Distribusi Nakes 2008
  3. Ringkasan Distribusi Nakes 2008 (zip)

Petunjuk Download: (1) Buka Link nya, akan masuk ke Excel Google (2) Save As dengan Cara menu “File, Download As, Excel“. dengan cara ini file akan dapat dibuka full di komputer anda….

Wassalam

Ki Hariyadi
Statistisi, Sleman, Yogyakarta