Salam pembelajar..

Mengetahui hubungan antar variabel bertujuan untuk memprediksi arah dan kekuatan hubungan….dalam Statistika memberikan pembuktian terkait hubungan antar 2 variabel dapat dilakukan dengan uji korelasi (bivariat jika 2 variabel yang ingin diketahui hubungannya).

Arah Hubungan:

  1. Positif ==> Nilai Kedua variabel memiliki pola yg sama-sama meningkat atau sama-sama menurun (baik nilai positif atau nilai negatif); ditandai dengan tanda “+”
  2. Negatif ==> nilai kedua variabel memiliki pola yang berlawaan, ketika variabel 1 meningkat maka variabel 2 menurun nilainya (atau ketika 1 variabel bernilai positif, variabel ke 2 bernilai Negatif); ditandai dengan “-“

Nilai Normatif Korelasi

Memiliki nilai -1 <= r <= 1, dengan pengertian:

  • r=1, artinya memiliki hubungan yang sempurna
  • r=0, artinya tidak memiliki hubungan

Berikut  adalah matrik bantu untuk mengetahui data dan penyelesaian hubungan dari berbagai macam data

.

.

.

.

.

.

.

.

Keterangan:

  • Data berpasangan (X1, X2) atau (X1, Y)
  • Memiliki skala data (Kontinu atau Kategorik)
  • Korelasi dilakukan untuk mengetahui pola hubungan data, jika pola data memiliki kecenderungan pola teratur maka  diukur  nilai r dan arah hubungan.

Oh ya …untuk membaca nilai korelasi dapat memakai dasar berikut yang diambil dari Morgan, M.A., et. al (2004)….jika memiliki dasar yang lain bisa dilakukan. Terpenting adalah memiliki sumber untuk pertanggungjawabannya….

Berikut ini dapat disajikan cara pembacaan:

.

.

.

.

.

.

.

Kasus hasil

Perhitungan diperoleh nilai r=-0,63;

Berdasar tabel disamping hasil tersebut dapat diinterpretasi bahwa:

  1. “Hubungan antara 2 variabel adalah “Kuat”,
  2. dan arah hubungan adalah Negatif”

Sederhanakan? Pembaca jadi tahu bahwa korelasi  merupakan salah satu alat uji, penelitian korelasional adalah satu penelitian yang bertujuan meneliti hubungan antara variabel yang terlibat dalam kegiatan penelitian yang  dilakukan..

Demikian tulisan ini semoga dapat memberi informasi bagi sahabat pembelajar….secara detail dan lebih jelas dapat dibuka di buku-buku referensi yang ada ya …jangan ragu buka buku pada bab  terkait dengan masalah anda saat ini..

Wassalam

Penulis